Kebiasaan-kebiasaan Orang Amerika Yang Patut Kita Contoh

Posted by Admin |

Lain Ladang lain belalang, demikian pepatah lama kita. Kebiasaan-kebiasaan yang ada di Tanah Air ada yang sama, mirip-mirip ataupun berbeda dengan yang ada di negara Amerika. Sebenernya ane ndak mau membanding2kan kebiasaan di dua negara ini. Ane jg sebenarnya benci dengan amerika karena kebijakan2nya yang bikin umat muslim smakin terhimpit tp ndak salahnya ane share ke agan2 dan aganwati2 tentang kebiasaan bagus yang ada di Amerika sana yang patut kita contoh. Siapa tau kita bisa sukses kaya mereka. Ini berdasarkan pengakuan dari orang Indonesia yang udah lama tinggal di Amerika.

1. Mendahulukan Penyeberang Jalan. 

Di penyeberangan jalan bila tiba giliran pejalan kaki maka semua kendaraan bermotor harus berhenti. Tidak peduli sang pejalan kaki menyeberang sambil ngerumpi dengan teman jadinya jalannya lelet, atau memang jalannya kayak pengantin, mereka harus ditunggu sampai mereka sampai di seberang jalan atau minimal situasi dianggap aman. 

2. Persamaan Nasib di Jalan.

Jabatan atau pangkat tidak berlaku di jalan. Mau gubernur, walikota, administrator county, jenderal bintang empat sekalipun kalau jalanan macet ya ikut terkena macet. Di Amerika jarang terlihat mobil pejabat lokal dikawal oleh polisi sambil membunyikan sirene. Hanya polisi, pemadam kebakaran dan ambulans yang dalam keadaan darurat (emergency) boleh membunyikan sirine dan harus diprioritaskan. Kendaraan apapun dan milik siapapun harus minggir. 

3. Membuka Pintu dan Menahannya.

Maksudnya adalah membuka pintu dan menahannya supaya orang dibelakangnya bisa lewat atau membuka pintu sambil melihat ke belakang baru menutup pintu, memastikan di belakangnya tidak ada orang. Dapat dibayangkan kalau kita membuka pintu, masuk ruangan, dan menutup pintu tahu-tahunya ada orang di belakang kita, bakalan kepalanya akan benjol. 

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya.

Kalau tidak ada tempat sampah, sampah akan dikantongi sampai menemukan tempat untuk membuangnya jadi sering orang sana membawa sampah ke rumah. Setelah itu, baru dibuang di tempat sampah. Masih berhubungan dengan itu, kebiasaan membersihkan meja setelah makan di tempat umum. Apa yang kita lihat waktu datang itu pula yang kita lihat sewaktu kita pergi, kira-kira begitu prinsipnya. 

anak kecil aja bisa masa kita ndak bisa sih gan,,, 

5. Tidak Merokok Sembarangan.


Saat ini semua gedung milik pemerintah dan swasta adalah kawasan bebas rokok. Untuk merokok disediakan area tertentu, biasanya sekian feet dari pintu gedung. Tetapi belakangan ini di gedung-gedung pemerintah jarak area merokok dengan pintu gedung dibikin lebih jauh lagi, membuat para perokok malas merokok karena harus jalan jauh. Pelanggaran larangan merokok sanksi dendanya sangat besar jadi tidak ada yang berani melanggar.

6. Ini kebiasaan bagus milik petugas public service.

Petugas-petugas public service seperti polisi, sheriff, pegawai pembuat SIM dan kantor-kantor pelayanan pemerintah lainnya mempunyai kebiasaan tidak mau menerima suap atau tips dalam bentuk apapun. Dengan ramah mereka akan menjelaskan bahwa tidak boleh menyuap atau memberi tips kepada petugas dan ada sanksinya, paling berat masuk penjara. Jadi orang sana selalu membayar biaya jasa pengurusan public service sesuai dengan tarif. Kalau ada kembalian langsung dikantongi, tidak baik membiarkan uang lama-lama tergeletak di meja petugas. 

7. Mengucapkan Salam, Selamat Pagi, Siang atau Malam kepada orang yang tidak dikenal sekalipun. 

Saling menyapa walau sekilas membuat kita merasa senang karena merasa mempunyai teman sesama manusia. Menanyakan kabar, obrolan singkat mengenai cuaca atau anak masih menjadi kebiasaan di tengah semakin individualistisnya masyarakat Amerika. 

Demikianlah kebiasaan2 bagus yang dimiliki oleh orang amerika yang patut kita tiru. Walaupun banyak juga kebiasan buruk di Amerika, namun alangkah baiknya jika kita ketahui dari sisi baiknya dulu. Kita ambil kebiasaan yang baik2 dan tinggalkan yang buruk2 yang tidak sesuai dengan norma yang ada di Tanah Air tercinta Indonesia.

Laporkan Artikel · Kirimkan Umpan Balik

4 komentar

Kamis, 24 Maret 2011 19.02.00 WIB

Mantap infonya gan :)
memang patut ditiru yang seperti ini :)
tapi kalo yang lain-lainnya "itu tuuh" harus di hindari.. :)


semoga sukses selalu gan :)...

salam..

Kamis, 24 Maret 2011 19.10.00 WIB

@enda fivers Iya betul sekali tu gan.. ambil baiknya dan buang buruknya, oke thx gan :)

Kamis, 24 Maret 2011 19.10.00 WIB

bagus nih untuk ditiru nih cara cara amerika! tapi saya gak ngerti yang membuka pintu itu :D, setuju kata enda diatas :) jgn ditiru yang itu :D

Kamis, 24 Maret 2011 19.16.00 WIB

@Farixsantips Sebenarnya saya juga tidak mengerti mas? hahahaa =))

KIRIMKAN KOMENTAR ANDA. NO SPAM!

Komentar terakhir

Copyright© Ladang-Hijau @2010. All Rights Reserved.